Monday, August 24, 2009

Quesioner Trans Agro

Jawaban quesioner kerjasama tabloid Trans Agro dan KMSEP UGM:

  1. Saya bercita-cita menjadi usahawan agribisnis, karena saya melihat begitu menjanjikannya prospek di dalamnya. Saya dapat menciptakan lapangan kerja bagi pemuda, sehingga pengangguran akan berkurang, bahkan mencapai nol. Selain itu, saya ingin menyumbangkan ilmu dan keahlian yang akan saya peroleh nanti demi kemajuan dan peningkatan hidup masyarakat dan negara, sehingga negara Indonesia akan semakin makmur.
  2. Dalam bayangan saya, pertanian adalah sebuah usaha yang memanfaatkan hasil alam, sumber daya alam hayati yang dapat diperbaharui. Pertanian adalah salah satu sektor usaha yang selalu eksis di antara usaha-usaha lainnya, karena pertanian menghasilkan kebutuhan pokok bagi umat manusia. Dan satu lagi yang paling penting: pertanian bukanlah pekerjaan yang identik dengan kemiskinan. Justru pertanian adalah usaha yang sangat menjanjikan. Usaha yang tak lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh zaman. Begitulah pertanian dalam pandangan saya.
  3. Saya akan mengamalkan ilmu yang akan saya peroleh nanti di UGM untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil dan nilai jual komoditas pertanian. Dengan demikian, kesejahteraan para petani akan semakin meningkat, dan pertanian akan menjadi semakin baik. Sehingga berefek positif pada perekonomian negara Indonesia, yang identik sebagai negara agraris. Dan dalam jangka panjang, saya akan menyumbangkan peran dalam memajukan negara Indonesia ini.
  4. Saya sangat tertarik pada budidaya bebek. Bebek yang dibudidayakan, ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang sedemikian mengiurkan. Ada keuntungan harian yang diperoleh dari telurnya, keuntungan bulanan dari penjualan bebek pedaging, keuntungan tahunan dari bebek-bebek yang sudah tidak produktif lagi. Dan yang paling menarik, bebek tidak hanya dibudayakan di perairan darat, tapi bisa juga dibudayakan tanpa air (secara kering). Dengan dibudidayakan secara kering ini, maka hasil yang diperoleh lebih berkualitas daripada dibudidayakan secara basah. Bisnis bebek memang tak ada ruginya!
  5. Media Trans Agro sangat informatif, dan menyediakan berbagai prospek yang menjanjikan pada sektor agribisnis, sehingga bisa dijadikan rujukan dan sumber pelajaran bagi pelaku maupun calon wirausahawan agribisnis. Sehingga bagi pemula yang ingin ber-agribisnis, dapat menerapkan apa yang ada dalam tabloid Trans Agro sebagai pedoman. Sukses selalu untuk Trans Agro!
Alif Mubarak Ahmad-Faperta UGM-Agribisnis 2009

No comments:

Post a Comment