Monday, June 28, 2010

Dunia opensource

Produktivitas tidak dinilai dari peralatan yang digunakan, tetapi dinilai dengan hasil dan output yang dihasilkan. Untuk mencapai produktivitas maksimal, maka biaya-biaya input harus diminimalkan, salah satunya biaya untuk membeli software, dengan cara menggunakan aplikasi open-source.

OpenOffice.org adalah suatu aplikasi berdasarkan lisensi GNU, yang akan menggusur Microsoft karena fungsionalitas yang tangguh dengan biaya lisensi NOL!
Microsoft sebenarnya adalah suatu sistem operasi yang tangguh, sarat dengan dukungan software dan aplikasi dari berbagai vendor. Akan tetapi, masalah lisensi sepertinya akan membuat kejayaan Microsoft semakin berakhir.
Linux sebagai sistem operasi yang free dan open-source merupakan solusi alternatif untuk perusahaan-perusahaan yang lebih mementingkan produktifitas dengan biaya software serendah-rendahnya. Dan saya sebagai pengguna Windows, akan mencoba beradaptasi dengan Linux environment untuk produktifitas yang lebih mantap!
Tapi bagaimanapun juga, aku harus tetap mengakui bahwa Microsoft adalah suatu sistem yang hampir sempurna. Karena tidak semua fitur yang ada di Windows atau Ms Office yang aku dapatkan di Linux atau OpenOffice.
Begitulah sedikit kesan saat menggunakan Ubuntu dan mencoba memaksakan diri untuk ber-open source. Bagi yang ingin mengikuti jejak saya atau takut ditangkap polisi karena menggunakan software/OS bajakan, kencangkan safety belt Anda! Bersiap-siaplah untuk take off dalaam penerbangan dunia Linux-opensource! Dijamin lebih aman, hemat, bebas virus. Tapi perlu sedikit adaptasi.
Selamat berselancar tanpa beban di dunia opensource!

No comments:

Post a Comment