Tuesday, August 10, 2010

Gapai suksesmu!

Untuk menjadi seorang yang sukses, setidaknya diperlukan tiga hal: momentum, keahlian, dan networking. Seorang yang sukses pasti memiliki momentum yang tepat yang mendukung kesuksesannya. Dia juga harus memiliki kemampuan yang diasah dengan optimal, setidaknya selama 10 ribu jam. Tak lupa juga suatu networking atau jaringan yang dibangun demi mendukung potensi yang dimilikinya. Demi terwujudnya suatu kesuksesan, ketiga hal tersebut harus ada dalam diri seseorang.

Kisah orang-orang yang sukses baik pada masa lampau maupun masa kini tidak pernah lepas dari ketiga hal mendasar di atas. Nabi Muhammad saw misalnya, beliau telah mengasah kemampuannya semenjak masa kecilnya. Diawali dengan menggembalakan kambing pada usia belasan, kemudian mendapat gelar Al-Amin pada usia dua puluhan tahun, menjadi pedagang ekspor-impor pada usia dua puluhan tahun pula, lalu mulai mengemban risalah dakwah pada usia empat puluh tahun. Semua yang dijalani oleh Nabi Muhammad merupakan proses yang tidak terjadi secara instan. Begitu pula pada orang-orang yang sukses pada masa kini – baik secara duniawi maupun ukhrowi – semuanya telah menerapkan ketiga kunci sukses dengan seoptimal mungkin.
Kesuksesan merupakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi secara instan. Kesuksesan memerlukan proses yang cukup panjang. Diawali dengan menentukan suatu hal yang sesuai dengan momentum yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Lalu untuk menjadi pakar di bidangnya seseorang harus berlatih selama minimal 10 ribu jam (setara dengan 5 tahun). Dilanjutkan dengan membangun jaringan yang akan menghantarkannya pada kesuksesan tersebut. Ini semua tidak dapat dilakukan dengan seketika. Butuh proses untuk mencapai semua itu. Di sinilah kesabaran dan keistiqomahan seseorang diuji.
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan: jangan pesimis terhadap diri sendiri. Yakinlah akan kemampuan dan kelebihan yang ada pada diri Anda dan jangan mudah goyah oleh kesulitan yang menghadang. Karena sukses tidak akan bisa dicapai tanpa menghadapi kesulitan-kesulitan.
Selain itu perlu juga adanya lingkungan yang mendukung tercapainya kesuksesan tersebut. Lingkungan di sekitar kita merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan dalam mewujudkan kesuksesan. Sehingga perlu adanya perhatian untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif dalam menghantarkan diri kita menuju kesuksesan yang senantiasa didambakan. Sukses dunia dan juga sukses akhirat.

No comments:

Post a Comment