Wednesday, November 17, 2010

Pengorbanan: Berikan yang Terbaik - Give your best sacrifice!

Alloh telah memerintahkan hamba-Nya untuk berkurban.

فصلّ لربك و انحر . (الكوثر : 3)

Maka dirikanlah shalat karena Tuhan-Mu dan berkorbanlah”

Demikianlah Alloh memerintahkan kita untuk berkorban. Pengorbanan dalam Islam sangatlah luas. Apapun milik kita yang kita berikan untuk mencari keridhoan Alloh adalah pengorbanan. Entah itu berupa harta, jiwa, maupun waktu. Pengorbanan tak dibatasi oleh bentuknya. Pengorbanan tak harus berupa harta. Semua yang kita miliki bisa kita jadikan sebuah pengorbanan yang berarti bagi manusia dan bernilai di sisi Alloh.

Pengorbanan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Kita harus memberikan yang terbaik untuk berkorban. Tidak bisa dikatakan sebuah pengorbanan apabila apa yang kita berikan itu bukanlah yang terbaik. Alloh telah memberikan permisalan yang nyata, berupa sebuah kisah dalam Al-Qur'an tentang dua orang anak Adam. Yang satu memberikan korban berupa harta terbaik yang dia miliki sedangkan yang satu memberikan korban berupa sisa-sisa harta yang tidak dia butuhkan lagi. Alloh menerima korban yang terbaik dan tidak menerima korban yang berupa sisa-sisa harta tersebut. Memang demikianlah seharusnya pengorbanan diberikan: memberikan sesuatu yang paling berharga atau minimal sama dengan apa yang biasa kita makan atau kita gunakan sehari-hari.

Memang dalam konteks Idul Adha ini, pengorbanan lebih dikhususkan pada memberikan hewan ternak terbaik, berupa kambing atau sapi, untuk dibagi-bagikan kepada semua kaum Muslimin agar mereka dapat bersama-sama merayakan kebahagiaan, bersama-sama bisa makan daging setelah sekian lama tidak makan daging karena tak mampu membeli. Begitulah Idul Adha dalam Islam yang memiliki esensi saling berbagi kenikmatan. Diharapkan dengan even Idul Adha ini kaum Muslimin bisa merasakan nikmatnya saling berbagi, saling memberi, dan nikmatnya sebuah kebersamaan.

Tunggu apa lagi, mari kita korbankan apa yang terbaik yang kita miliki. Sapi terbaik, atau kambing terbaik, atau minimal kita korbankan raga dan waktu kita untuk merayakan indahnya Idul Adha ini. Semoga Alloh menerima segala bentuk pengorbanan yang kita berikan.

Give your best sacrifice!

No comments:

Post a Comment