Wednesday, November 17, 2010

Landasi segala pilihan dengan hidayah ilahi

Pilihan dan pilihan. Itulah yang senantiasa dihadapi manusia dalam hidupnya. Beragam pilihan terbentang di depan mata. Ada pilihan yang baik, ada pula pilihan yang buruk. Sekarang bagaimana manusia menentukan pilihan di antara berbagai pilihan yang dihadapkan padanya. Bagaimana dia memilih dan apa yang dia pilih. Itulah yang akan menentukan kehidupannya di dunia ini.

Memang pilihan yang terbentang di hadapan kita sangat banyak. Contoh kecil: pendidikan. Beragam pilihan muncul dalam jangkauan pendidikan ini. Apakah kita akan mengandalkan pendidikan dari orang tua saja, atau masuk sekolah dan berinteraksi dengan banyak orang. Apakah kita acuh tak acuh terhadap pendidikan. Perlu dipahami di sini bahwa pendidikan tidak hanya terfokuskan pada pendidikan di sekolah (atau berbagai bentuk pendidikan formal lainnya). Pendidikan amatlah luas, mencakup segala yang ada dalam hidup ini, mulai dari interaksi dengan orang lain sampai pembelajaran pada hal-hal yang bersifat pengetahuan dan pemahaman terhadap berbagai hal. Itu masih dalam lingkup pendidikan. Belum lagi pilihan lainnya. Masih banyak pilihan yang harus dipilih.

Alloh sebagai pencipta manusia telah memberikan rambu-rambu yang jelas dan menyeluruh bagi manusia dalam menentukan pilihan. Al-Qur'an dan As-Sunnah telah menjelaskan rambu-rambu tersebut. Memang pilihan yang tersedia sangat variatif. Namun dengan mempelajari dan memahami Al-Qur'an dan As-Sunnah, keputusan tepat dalam menentukan pilihan dapat dibuat. Memilih tidak hanya berdasarkan akal dan nafsu saja, namun juga berdasarkan pada wahyu ilahi yang diciptakan oleh sang Pencipta manusia, yang sudah pasti mengetahui tentang apa yang terbaik bagi manusia. Alloh tidak mungkin memberikan petunjuk yang salah. Sehingga petunjuk Alloh tersebut dapatlah dijadikan sebagai dasar untuk menentukan pilihan dari beragam pilihan yang tersedia.

Selamat memilih, saudaraku. Semoga Alloh senantiasa memberkahi dan meridhoi pilihan-pilihan yang kaupilih. Cukuplah Alloh sebagai penolong. Alloh-lah sebaik-baik penolong bagi kita.

No comments:

Post a Comment