Monday, November 15, 2010

Harta Dunia: sebuah tujuan yang akan sirna

Harta dunia yang dijadikan sebagai tujuan tidaklah menjadikan seseorang bahagia. Orang boleh punya harta yang melimpah namun harus tetap menjadikan Alloh sebagai orientasi hidupnya. Sehingga dalam masalah harta itu, mulai mendapatkannya sampai menghabiskannya, tetap berada pada jalan yang diridhoi Alloh ta'ala. Itulah harta yang tidak menjauhkan seseorang dari Alloh.


Adakalanya seseorang beranggapan bahwa harta adalah segalanya. Anggapan ini sangat jauh dari kebenaran dan kemurnian akidah. Memang harta dalam dapat mempermudah ataupun membantu memenuhi kebutuhan. Namun tak semua kebutuhan bisa dipenuhi dengan harta. Bahkan harta yang terlalu melimpah dan berlebih-lebihan bisa menjauhkan manusia dari Alloh. Manusia menjadi sibuk mengurusi harta yang dimiliknya, sibuk berusaha memperoleh harta sebanyak-banyaknya sehingga mengabaikan kewajibannya yang lebih utama. Contoh nyata yang ada sekarang ini sangat banyak. Berapa banyak anak yang moralnya rusak, gemar foya-foya, acuh tak acuh pada penderitaan orang lain karena dimanjakan dengan harta yang berlebihan. Berapa banyak orang yang menduduki jabatan penting dalam pemerintahan menjadi koruptor, menghalalkan segala cara untuk memperoleh harta yang berlebih. Berapa banyak pedagang yang berlaku curang dalam jual belinya karena ingin mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya? Kecintaan seseorang terhadap harta memang adakalanya membutakan penglihatannya dalam membedakan yang baik dan yang buruk, membedakan yang halal dan yang haram.

Maka bersikaplah sewajarnya terhadap harta yang diamanahkan Alloh pada kita. Tetaplah berpegang dan berkeyakinan bahwa manusia tidaklah memiliki apapun. Harta yang dimiliki manusia itu hanyalah titipan dari Alloh.

Mudah-mudahan keyakinan ini bisa menumbuhkan sikap positif terhadap harta yang kita miliki. Tidak berlebih-lebihan mengejarnya sehingga menghalalkan segala cara untuk memperolehnya dan tidak pula berlebih-lebihan mencintainya sehingga kita menjadi kikir.

Tetap jadikan keridhoan Alloh sebagai tujuan utama dari apapun yang kita lakukan.

Semoga Alloh senantiasa membimbing kita agar senantiasa berada di jalan-Nya yang lurus.

No comments:

Post a Comment