Thursday, October 28, 2010

Kekosongan membawa kerusakan

Waktu adalah modal. Modal yang dapat digunakan untuk berbuat. Perbuatan baik atau perbuatan buruk. Keberadaan waktu merupakan sebuah fasilitas yang dapat dijadikan sebagai suatu perbuatan.

Kekosongan waktu adalah sesuatu yang harus disikapi dengan tegas. Waktu yang kosong menjadi suatu peluang yang sangat berbahaya. Perbuatan buruk dan kemaksiatan yang menimbulkan dosa disebabkan oleh adanya waktu kosong yang tidak terisi oleh kebaikan. Inilah pentingnya mengisi setiap waktu luang yang kita miliki dengan kegiatan dan aktivitas yang positif. Positif dalam hubungannya dengan masa depan yang akan kita hadapi, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Begitulah seharusnya kita memanfaatkan waktu luang yang kita miliki.

Waktu luang dapat dianggap sebagai sebuah kenikmatan yang tak terkira besarnya. Bahkan nikmat memiliki waktu luang ini termasuk dalam 5 perkara yang ditekankan pemanfaatannya oleh Rosulullah. Karena di balik waktu luang yang kita miliki sekarang ini, akan ada waktu sibuk. Waktu sibuk tidak memberikan pilihan untuk berbuat - selain untuk menyelesaikan kesibukan yang ada. Oleh karena itu, memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya merupakan kunci sukses untuk menggapai kesuksesan. Dengan memanfaatkan pilihan-pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang yang dimiliki, maka keberadaan waktu luang menjadi waktu yang produktif, yang menghasilkan sesuatu yang memiliki manfaat.

Lain halnya ketika keberadaan waktu luang dibiarkan berlalu begitu saja. Waktu luang tersebut akan menjadi waktu yang hilang. Waktu yang hilang tidak dapat diharapkan kembali. Apalagi ketika waktu luang menjadi ajang untuk berbuat sia-sia maupun dosa, akan terjadi suatu kerugian yang sangat besar. Tidak hanya di dunia, namun juga kelak di akhirat nanti.

Oleh karena itu, sebelum datang penyesalan yang terlambat karena kesia-siaan dalam penggunaan waktu, mari kita isi seluruh waktu kita dengan kesibukan yang positif. Mari kita penuhi waktu luang kita dengan kegiatan produktif, kegiatan yang bermanfaat dan memberikan nilai guna bagi kehidupan kita sekarang dan mendatang.

 

Akhlak, moral, renungan, semangat

No comments:

Post a Comment