Wednesday, October 20, 2010

HUJAN, NIKMAT ALLOH YANG BEGITU BESAR

Hujan merupakan nikmat Alloh yang sangat berharga. Melalui hujan ini Alloh menumbuhkan berbagai macam tumbuhan. Melalui hujan ini Alloh menumbuhkan bermacam-macam tanaman. Tak hanya tanaman yang dibudidayakan oleh manusia, namun juga tmbuhan yang tumbuh liar di alam bebas. Semuanya mendapat berkah dengan turunnya hujan ini.

Tidak hanya tumbuhan yang diuntungkan oleh adanya hujan ini. Makhluk lain pun juga diuntungkan. Ikan misalnya, tidak mengalami kekurangan air karena dengan hujan ini sungai-sungai dan kolam-kolam menjadi penuh dengan air. Hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan sejenisnya juga sangat diuntungkan dengan adanya hujan ini. Adanya hujan menjadikan rerumputan tumbuh subur, yang berarti suplai makanan untuk mereka bertambah. Di antara semua makhluk, yang paling banyak mendapatkan keuntungan dan kebaikan dari turunnya hujan adalah manusia. Karena semua yang ada di bumi ini diciptakan untuk manusia. Tidakkah ini merupakan sesuatu yang harus disyukuri?

Bayangkan, ketika hujan tidak kunjung turun - padahal kebutuhan air meningkat. Tidak hanya untuk air minum, namun juga untuk kebutuhan lainnya seperti irigasi dan lain sebagainya. Manusia bisa saja mendatangkan air dari tempat lain ataupun membuat hujan buatan. Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh air itu? semua itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Alangkah mahalnya biaya yang diperlukan demi menggantikan air hujan yang tak kunjung turun.

Alloh swt yang memiliki karunia begitu luas menurunkan air ke muka bumi dengan cuma-cuma. Alloh tidak mengharapkan apapun dari manusia atas hujan yang diturunkan tersebut. Alloh hanya memerintahkan manusia untuk bersyukur. Sesungguhnya rasa syukur manusia kepada Alloh hanyalah kembali kepada manusia itu sendiri, karena Alloh tidak memerlukan apapun dari makhluk-Nya. Justru makhluk itulah yang sangat membutuhkan Alloh. Layakkah manusia yang hina ini untuk sombong, kufur terhadap nikmat Alloh? Alangkah zholimnya manusia jika sampai bersikap seperti itu.

Semoga Alloh menjadikan kita semua sebagai hamba-nya yang bersyukur dan semoga Alloh senantiasa ridho terhadap kita semua.

Amin, ya Robbal - alamin!

No comments:

Post a Comment