Monday, January 30, 2012

Jalani hari ini dengan senyuman

Terkadang aku menyalahkan masa lalu, mengapa dulu aku begini dan begitu, dan berandai-andai seandainya dulu aku begini maka begini. Memang masa lalu tidak akan bisa terulang kembali, namun masa lalu yang sudah terjadi biarkanlah terjadi. Masa lalu yang tidak sesuai harapan bisa dijadikan pelajaran untuk mengawali masa depan yang lebih cerah. Jangan salahkan apa yang telah terjadi pada masa lalu, karena itu adalah sejarah yang tidak bisa diputar kembali. Biarkanlah yang lalu berlalu dan fokus pada hari ini yang sedang dijalani, untuk bisa melakukan yang terbaik.

Terkadang apa yang terjadi sungguh di luar harapan, atau bahkan di luar dugaan. Itulah salah satu bukti bahwa hidup yang sedang kita jalani tidak hanya dikendalikan oleh diri kita pribadi, namun ada kekuasaan Alloh di sana. Apapun yang terjadi dalam hidup ini tidak pernah lepas dari kehendak Alloh. Namun itu tidak berarti kita boleh menyerah begitu saja pada keadaan tersebut. Setidaknya kita harus tetap berusaha dengan optimal, sampai batas kekuatan yang kita miliki.

Memang adakalanya masa lalu menyisakan kesedihan yang mendalam. Kesedihan yang tersisa dari masa lalu itu janganlah terlalu dipendam dan dipikirkan, karena itu telah berlalu. Fokuskan dirimu pada apa yang bisa kaulakukan sekarang, jangan berangan-angan agar masa lalu kembali karena masa lalu tidak akan terulang kembali. Juga jangan terlalu takut menghadapi masa depan, karena masa depan masih belum diketahui, hanya ada dalam kekuasaan Alloh. Tidak berarti kita menyerah, tidak mempersiapkan sesuatu untuk masa depan tersebut. Usaha untuk menyambut masa depan tetap harus dilakukan, tidak berhenti hanya dengan angan-angan kosong belaka. Boleh bermimpi, namun harus ada upaya nyata untuk mewujudkan mimpi tersebut, agar impian yang kita impikan bisa terwujud, tidak hanya berakhir sia-sia tanpa realisasi ibarat mimpi di siang bolong. Jangan takut menghadapi hidup. Jalani hidup sebagaimana mestinya, sesuai dengan garis yang telah ditetapkan oleh Alloh. Apapun yang kita tempuh dalam hidup ini harus sesuai dengan apa yang Alloh tetapkan dan apa yang telah dicontohkan oleh Rosululloh. Insya Alloh hidup menjadi penuh berkah.

Kegalauan hidup ini setidaknya disebabkan oleh dua hal. Pertama adalah sedih terhadap masa lalu dan yang kedua adalah khawatir dengan masa depan. Tak perlu khawatir, kawan, karena masa depan adalah sesuatu yang belum terjadi. Masa depan masih ada dalam genggaman Alloh, tidak perlu dipikirkan terlalu dalam. Yakinlah bahwa Alloh akan memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya. Segala yang terjadi dalam hidup seorang muslim adalah baik. Semuanya baik. Sebagaimana disebutkan dalam doa yang selalu dibaca: Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa adzaaban naar. Itulah doa untuk memohon kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat. Alloh pasti mengabulkan doa tersebut dan memberikan yang terbaik bagi kita semua. Tetap berharap kemurahan dari Alloh, dengan tidak melupakan perintah-Nya untuk berikhtiar, mengerahkan kemampuan terbaik yang kita miliki. Itulah komitmen yang harus dimiliki oleh seorang muslim dalam menjalani kehidupan ini. Komitmen sejati yang harus ditepati untuk menggapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Brebes,

Senin, 30 Januari 2012

sebuah renungan Smile

Alif Mubarak Ahmad

No comments:

Post a Comment