Friday, August 20, 2010

Iman seiring dengan perbuatan baik

Hati penghasil amal perbuatan dan perkataan

Hati sangat berhubungan dengan perbuatan seseorang. Hati sangat menentukan apa yang dilakukan oleh seseorang. Apabila hati seseorang baik maka akan menjadi baik pula amal orang itu. Sebaliknya apabila hati itu kotor maka perbuatan yang muncul adalah perbuatan yang kotor pula.


Keadaan hati dalam diri seseorang itu sesuai dengan keimanan yang ada di dalamnya. Selama hati itu mengimani Allah dan yakin bahwa Allah melihat segala yang diperbuatnya serta akan membalas dengan balasan yang sebanding dengan apa yang dia kerjakan, maka amal perbuatan maupun perkataan yang muncul dari diri seseorang. Namun ketika hati tidak lagi mengimani Allah, maka tidak ada jaminan bahwa perkataan dan perbuatan orang itu akan menjadi baik. Hilangnya rasa takut seseorang pada Allah akan berdampak pada rusaknya perilaku seseorang.

Allah selalu menyandingkan iman dengan amal sholeh. Adanya iman dalam hati seseorang melazimkan dirinya untuk melakukan amal sholeh. Seseorang yang memiliki iman di hatinya akan berkata dan berbuat sesuatu yang baik. Dia akan menjaga dirinya dengan ketat dari perbuatan keji dan kemungkaran. Karena iman tidak akan pernah bertemu dengan kemungkaran dan perbuatan keji. Bahkan seandainya dia secara tidak sengaja terjerumus dalam kemaksiatan, dia akan segera beristighfar – memohon ampun pada Allah atas dosa yang telah diperbuatnya. Dengan istighfar tersebut, noda hitam yang menodai hatinya akan segera hilang dan hati menjadi bersih kembali untuk melakukan kebaikan.

Alangkah indahnya tatkala hati bebas dari noda yang menutupinya. Dia akan mudah menerima kebenaran dan mudah pula berbuat baik. Apa yang keluar dari mulutnya adalah kebaikan, apa yang diperbuat tangannya adalah kebaikan, langkah kakinya juga menjadi kebaikan pula. Semua yang diperbuatnya adalah kebaikan. Pada akhirnya, seluruh hidupnya menjadi kebaikan. Dialah orang yang penuh dengan kebaikan. Orang yang hatinya bersih, imannya sempurna, senantiasa beristighfar atas dosa-dosanya. Kebaikan senantiasa mengalir padanya kapanpun dan di manapun dia berada.

Ya Allah, jadikanlah kami sebagai orang yang penuh dengan kebaikan!

No comments:

Post a Comment