Monday, August 16, 2010

Menjaga kehormatan untuk menjaga martabat manusia

Kehormatan adalah suatu hal yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Seseorang yang tidak menjaga kehormatannya akan memiliki kedudukan dan derajat yang lebih rendah daripada binatang. Dalam hal ini Islam sangat memperhatikan dan menjaga kehormatan manusia dengan sebaik-baiknya.

Islam menjaga kehormatan dengan menetapkan aturan yang sangat tegas dalam menegakkan kehormatan tersebut. Islam juga menutup semua pintu yang dapat menyebabkan rusaknya kehormatan tersebut dengan serapat-rapatnya. Ini semua merupakan sebuah rahmat yang diberikan Allah kepada manusia yang patut disyukuri. Sehingga aturan-aturan Islam yang menjaga kehormatan manusia ini harus dijalankan – bukannya untuk dilanggar.
Pelanggaran terhadap aturan-aturan Islam yang mengatur kehormatan manusia ini akan menyebabkan hilangnya martabat manusia. Pada saat martabat itu telah hilang sehingga sedikit sekali yang menjaga martabatnya, maka harga kehormatan tersebut menjadi murah. Sebagai contoh, Islam sangat menjaga manusia dari perzinaan yang jelas-jelas mencoreng kehormatan manusia. Islam hanya memberikan satu pintu untuk hubungan suami-istri yaitu pernikahan dan menutup pintu-pintu lain dengan serapat-rapatnya. Bahkan hal-hal yang memicu timbulnya perzinaan juga ditutup dengan serapat-rapatnya, seperti kewajiban menutup aurat, larangan laki-laki dan perempuan yang berduaan di sebuah tempat dan larangan percampuran laki-laki perempuan. Sehingga tidak ada alasan bagi seorang Muslim untuk berbuat zina yang menodai kehormatan manusia. Jika sampai ada yang berbuat zina maka hukuman yang ditetapkan Islam untuk mereka adalah hukuman yang sangat berat – yaitu cambuk 100 kali untuk mereka yang belum menikah dan hukuman rajam bagi mereka yang sudah menikah.
Jadi dalam hal menjaga kehormatan, tidak ada alasan bagi manusia untuk menodai kehormatan tersebut dengan cara apapun. Tidak ada suatu hal yang membolehkan kehormatan manusia ternodai. Pemilihan miss-universe yang mengharuskan seseorang untuk membuka auratnya juga tidak dibolehkan dalam Islam. Sehingga mau tidak mau, seorang Muslim harus menjaga kehormatannya dengan sebaik-baiknya.
Semoga dengan menjaga kehormatannya manusia akan tetap berkedudukan sebagai manusia.

No comments:

Post a Comment