Tuesday, August 17, 2010

Peringatan kemerdekaan: sebuah momen untuk berbenah diri

Perjuangan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan dari kaum penjajah merupakan suatu usaha yang tidak dicapai dengan mudah. Diperlukan pengorbanan dan kerja keras untuk semua itu. Para pejuang rela mengorbankan harta, waktu, diri, dan jiwa mereka demi tercapainya kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah menganiaya dan menindas bangsa Indonesia. Tidak tercapai begitu saja dalam waktu singkat. Butuh waktu yang sangat lama untuk mendapatkan semua ini. Sehingga sekarang kita semua bisa menikmati indahnya kemerdekaan dan memperjuangkan hal-hal lainnya.

Tanpa adanya perjuangan, mustahil kemerdekaan akan dapat dicapai. Tanpa perjuangan tidak mungkin bangsa Indonesia terlepas dari penindasan kaum penjajah. Perjuangan adalah salah satu kunci dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Perjuangan tidak berarti apa-apa tanpa diiringi dengan doa dan kehendak Allah yang Mahakuasa. Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus disyukuri dengan melanjutkan pengorbanan dan perjuangan membangun bangsa menjadi lebih baik.

Peringatan 65 tahun kemerdekaan Indonesia sekarang ini hendaklah dijadikan sebagai momen untuk berbenah diri. Selama ini, perkembangan apa yang terjadi pada bangsa ini? Apakah perkembangan yang ada telah sesuai dengan apa yang diharapkan? Kendala apa saja yang menyebabkan terhambatnya perkembangan pada bangsa ini? Solusi apa yang dapat menyelesaikan permasalahan bangsa ini?

Mulai dari yang kecil: masing-masing warga negara Indonesia harus berintrospeksi diri. Sumbangsih apa yang telah kita berikan pada bangsa Indonesia ini? Keberadaan kita dalam bangsa ini apakah memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada? Peranan apa yang kita mainkan dalam perkembangan bangsa dan negara Indonesia ini? Ya, mari kita berbenah diri untuk memberikan kontribusi terbaik pada bangsa ini demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa kita.

Mulai sekarang, pikirkan apa yang telah kita sumbangkan pada bangsa ini. Lupakan apa yang didapat dari bangsa ini. Berikan yang terbaik, jangan hanya bisa meminta dan meminta saja.

Pikirkan “Apakah yang bisa kau berikan pada bangsa ini?”

Lupakan “Apakah yang telah kau dapatkan dari bangsa ini?”

Teruslah berjuang untuk mencapai perkembangan dan kesejahteraan bangsa Indonesia ini. Untuk masa depan bangsa yang lebih cerah. Untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai perintis peradaban umat manusia di masa yang akan datang. SEMANGAT!

Tag: kemerdekaan, perjuangan, kesejahteraan, semangat, berbenah diri

No comments:

Post a Comment