Friday, August 27, 2010

Persiapan: bekal untuk menggapai kesuksesan

Mencapai sebuah keberhasilan adalah dambaan setiap orang. Tak seorang pun menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Namun untuk mencapai keberhasilan itu tidaklah mudah. Ada jalan yang harus ditempuh. Ada karang dan badai yang menghadang. Menggapai keberhasilan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan yang bisa dilakukan walaupun dengan mata terpejam. Keberhasilan tidak akan dapat dicapai tanpa adanya perjuangan dan usaha yang sungguh-sungguh. Suatu hal yang sangat berat.

Perjuangan untuk menggapai sebuah keberhasilan merupakan suatu hal yang berat. Tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Setidaknya perlu membiasakan diri melakukan hal-hal yang mendukung tercapainya keberhasilan yang dituju. Meninggalkan semua yang menghambat tercapainya keberhasilan dan meningkatkan intensitas dalam mempersiapkan keberhasilan itu. Banyak berlatih, belajar, berusaha, dan senantiasa memanjatkan doa kepada Allah ta'ala. Tidak melupakan bahwa keberhasilan itu dapat terwujud atas kehendak Allah. Tanpa izin Allah, seseorang tidak akan mampu menggapai keberhasilan tersebut.
Adakalanya seseorang hanya mengandalkan usahanya semata dalam mencapai keberhasilan. Dia sama sekali tidak ingat – atau bahkan tidak tahu – bahwa keberhasilan itu dari Allah. Ini sangat tidak baik bagi perkembangan dirinya. Boleh jadi ketika keberhasilan yang diinginkannya tercapai, dia akan lupa diri dan menjadi sombong dengan keberhasilan yang dicapai itu. Dia bahkan menganggap keberhasilan itu karena dirinya yang punya kemampuan. Padahal tidak ada daya dan kekuatan kecuali milik Allah ta'ala. Sebaliknya ketika kegagalan yang menghampiri dirinya, dia akan menjadi sangat sedih. Putus asa dan putus harapan. Bahkan yang lebih parah lagi dia akan mengalami getaran psikologis yang begitu dahsyat. Sampai ada orang yang melakukan bunuh diri karena kegagalan yang dialaminya. Mengerikan sekali ketika seseorang meyakini keberhasilan yang diperolehnya hanyalah hasil usahanya sendiri.
Mulai saat ini berusahalah dengan sekuat tenaga meniti jalan keberhasilan dengan senantiasa memohon keberhasilan tersebut pada Allah. Tetap hidupkan semangat dan tekad untuk gapai semuanya. Siapkan diri untuk raih keberhasilan.
Tag: keberhasilan, usaha, doa, moral, renungan, semangat, kegagalan

No comments:

Post a Comment