Wednesday, September 8, 2010

Sukses Ramadhan: takwa meningkat

Bulan Ramadhan telah berakhir. Bulan Ramadhan telah meninggalkan kita semua. Bulan penuh ampunan telah pergi. Bulan Ramadhan berlalu setelah sebulan penuh kita berada di dalamnya. Menjadikan sebuah renungan bagi kita semua, apakah kita telah memanfaatkan momen bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Menjadi sebuah introspeksi bagi kita apakah bulan Ramadhan telah memberikan perubahan ke arah lebih baik dari sebelumnya atau justru sebaliknya. Semua itu bergantung pada bagaimana kita berbuat dan beramal di bulan Ramadhan itu. Perubahan yang kita dapatkan setelah bulan Ramadhan adalah buah dari apa yang kita lakukan dan kita biasakan di bulan Ramadhan.

Mestinya bulan Ramadhan adalah awal bagi kita untuk memulai dan menyalakan semangat kita dalam berbuat kebaikan. Berlomba-lomba dalam amal sholeh untuk memperoleh janji-janji Allah yang telah dijanjikan pada hamba-hamba-Nya yang bertakwa. Sungguh tak layak jika bulan Ramadhan hanya dijadikan momen sesaat untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh, kemudian terhenti hanya karena bulan Ramadhan telah berlalu. Jika demikian halnya yang terjadi pada kita, maka kita belum dapat disebut sebagai orang yang sukses dalam melalui bulan Ramadhan. Ibadah dan amal sholeh yang kita perbuat tidak boleh terhenti dengan berlalunya bulan Ramadhan. Istiqomah, konsisten, dan tetap mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah dan amal sholeh yang  telah dibiasakan di bulan Ramadhan. Itulah sukses yang sebenarnya. Sukses memanfaatkan bulan Ramadhan dengan optimal dalam mengisi ulang iman dan takwa menjadi lebih baik daripada sebelum Ramadhan.

Apakah kita termasuk dalam orang-orang yang sukses menjalani bulan Ramadhan? Lihat saja perubahan yang terjadi pada kita setelah bulan Ramadhan.

No comments:

Post a Comment